Cara Setting NameServer Beberapa Penyedia Domain Luar Negeri

Berikut ini adalah beberapa ulasan singkat cara setting Name Server di registrar luar negri. Oiya,, sebelum lebih lanjut, ada beberapa hal yang perlu diketahui perbedaan antara domain, subdomain, tld, hosting, registrar, registrant, register, dan registry.

  • domain adalah sebuah alamat yang digunakan untuk mengakses web, tanpa domain, web hanya bisa di akses melalui alamat ip.
  • subdomain adalah alamat tambahan yang menempel di domain, contohnya ewong.blogspot.com, ini adalah subdomain dan blogspot.com adalah domain utama nya.
  • tld adalah akhiran (ekstensi) dari domain, contohnya ewong.blogspot.com maka .com adalah tld nya.
  • hosting adalah tempat untuk menyimpan berbagai data sebuah web. ingat ya, tempat menyimpan data dan file, bukan tempat menyimpan domain. kadang kesel juga kalo ada yang bilang “aku baru beli domain murah untuk dipasang di blogspot”. ada yang nanya “hostingnya dimana”, dia jawab “di namecheap”. hello,, itu bukan hosting, itu registrar.
  • register adalah proses atau tindakan untuk mendaftarkan sesuatu, misal ada orang bilang “aku mau register domain baru”, berarti dia mau mendaftar domain baru.
  • registrar adalah web tempat domain terdaftar. contohnya jika domain didaftarkan atau dibeli di namecheap.com, maka registrar domain itu di namecheap.
  • registry adalah pihak penerbit domain, contohnya VeriSign sebagai registry dari .com dan Pandi sebagai pihak registry dari domain dengan tld akhiran .id
  • registrant adalah orang yang membeli domain.

Oke, sekarang sudah bisa membedakan istilah di atas kan ? lanjut…

Cosmotown.com

Login ke dashboard cosmotown.com lalu buka menu Domains, klik pada domain yang ingin di setting NameServer (NS) nya => klik Manage Domains => klik Domain NameServers. Isi kotak yang dibutuhkan saja, sisanya kosongkan dan klik Save.

Epik.com

Login ke dashboard epik.com (disini) maka akan terbuka list domain. Klik tanda garis tiga di sebelah kiri domain, klik DNS, klik Set Name Server. Isi kotak yang dibutuhkan saja, sisanya kosongkan dan klik Save Changes.

Dynadot.com

Login ke dashboard dynadot.com (disini) maka akan terbuka list domain. Klik pada domain, klik DNS Settings, pilih Name Server, pilih Enter New. Isi kotak yang dibutuhkan saja, sisanya kosongkan dan klik Save Name Server.

Sav.com

Login ke dashboard sav.com (disini) maka akan terbuka list domain. Klik pada domain yang di inginkan, lalu scroll ke panel Name Server. Isi kotak yang dibutuhkan saja, sisanya kosongkan dan klik Update.

Namecheap.com

Login ke dashboard namecheap.com (disini) maka akan terbuka list domain. Klik Manage pada domain yang di inginkan, lalu scroll ke panel Name Server. Isi kotak yang dibutuhkan saja, sisanya kosongkan dan klik Yes.

 

Porkbun.com

Login ke dashboard porkbun.com (disini) maka akan terbuka list domain. Klik Details (segitiga) pada sisi kanan domain yang di inginkan, lalu pilih Edit pada bagian Name Server. Isi kotak yang dibutuhkan saja, sisanya kosongkan dan klik Submit.

Namesilo.com

Login ke dashboard namesilo.com (disini) maka akan terbuka list domain. Klik pada domain yang di inginkan, lalu klik Change pada bagian Name Servers. Isi kotak yang dibutuhkan saja, sisanya kosongkan dan klik Submit.

Selamat mencoba…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *