10 Fakta Menarik Tentang Panda

Legenda mengatakan bahwa seorang gadis muda pernah mencoba menyelamatkan seekor panda dari serangan macan tutul. Panda raksasa berwarna putih pada saat itu dan gadis itu melihat macan tutul sedang mengintai anak panda seputih salju. Dia melompat ke depan macan tutul untuk mengalihkan perhatiannya dan memberi panda waktu untuk melarikan diri. Macan tutul itu kemudian menyerang gadis itu dan membunuhnya.

Banyak panda datang ke pemakaman gadis itu untuk menghormati ingatannya dan memperingati tindakannya yang berani. Para panda memiliki abu hitam dioleskan di sekitar kaki mereka dan saat mereka berpelukan dalam kesedihan dan menyeka mata mereka, abu itu berlumuran, menciptakan panda putih dan hitam ikonik yang kita kenal dan cintai hari ini.

Seperti yang ditunjukkan oleh kisah di atas dan fakta bahwa sebenarnya ada peluang kerja pelukan panda di luar sana, jelas sekali panda raksasa adalah hewan yang dicintai, tetapi sayangnya mereka juga spesies yang rentan. Dipercaya bahwa hanya ada kurang dari 1.900 panda liar yang tersisa di dunia dan sekitar 600 di pusat penangkaran dan kebun binatang di seluruh dunia.

Dalam daftar ini hanya beberapa alasan mengagumkan dunia perlu melakukan segala daya untuk menyelamatkan panda dari kepunahan.

10. Kerabat panda tertua yang diketahui

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012 melaporkan bahwa kerabat prasejarah panda raksasa telah ditemukan di Spanyol setelah fosil gigi ditemukan di dekat kota Zaragoza. Dipercaya bahwa spesies tersebut, bernama Agriarctos beatrix, adalah kerabat panda tertua yang diketahui dan ahli paleontologi telah menyatakan bahwa usianya lebih dari 11 juta tahun. Mereka juga berspekulasi bahwa beruang prasejarah mungkin memiliki pola hitam-putih yang serupa tetapi jauh lebih kecil daripada panda yang kita kenal sekarang. Mereka kemungkinan memiliki berat sekitar 60 kilogram dan juga akan memanjat pohon untuk menghindari predator.

Para ahli juga menyatakan bahwa panda mungkin berasal dari Eropa dan bukan Asia seperti yang diterima sebelumnya. Namun, tidak semua orang setuju dengan klaim ini dan ahli paleontologi, Blaine Schubert, mengatakan lebih banyak bukti diperlukan untuk mendukung klaim tersebut.

Kemudian, pada 2017, dilaporkan bahwa fosil gigi 'beruang mirip panda' ditemukan di Hongaria. Ditemukan bahwa spesies ini hidup dengan pola makan yang mirip dengan panda modern dan menambah bukti bahwa panda berasal dari Eropa.

9. Makanan padat


Saat bayi panda lahir, warnanya benar-benar tanpa bulu, merah muda, dan buta. Rambut hitam mulai tumbuh setelah satu minggu dan setelah sekitar satu bulan, rambut putih juga mulai tumbuh, memberi panda kecil tampilan yang khas. Sementara bayi panda mulai berjalan jauh lebih awal daripada bayi manusia (sekitar 3 bulan setelah lahir), mereka mulai makan makanan padat pada waktu yang sama (sekitar 6 bulan setelah lahir). Pada titik ini mereka bisa makan bambu dan mulai tumbuh lebih cepat.

Anak panda juga bisa diberi makan dengan susu anjing karena mirip dengan susu panda. Seekor panda yang tinggal di kebun binatang Beijing pada tahun 2000, memiliki anak kembar dan tidak dapat menghasilkan cukup susu untuk kedua bayinya. Hal ini menyebabkan dia merawat satu dan meninggalkan yang lain. Kebun binatang kemudian memasang iklan di koran lokal untuk anjing menyusui dan mereka segera menemukan ibu pengganti untuk anak panda yang ditinggalkan. Bahkan panda merah dapat bertahan hidup dengan susu anjing seperti yang dibuktikan oleh dua anak panda merah yang dirawat oleh seekor anjing pada tahun 2009 setelah ditolak ibunya.

8. Sistem pencernaan karnivora


Panda umumnya memakan bambu, tetapi kandungan nutrisinya sangat sedikit, mereka harus makan hingga 38kg setiap hari untuk memenuhi kebutuhan energinya. Terkadang panda liar mencari pilihan lain, seperti hewan pengerat kecil dan tanaman lain, yang kemudian menjadi sekitar 1% dari makanan mereka.

Meskipun panda raksasa adalah herbivora, mereka adalah anggota keluarga beruang dan karenanya memiliki sistem pencernaan karnivora. Namun mereka telah berevolusi untuk bergantung hampir hanya pada bambu yang membuat mereka rentan terhadap segala bentuk hilangnya habitat mereka. Panda menyukai akar dan pucuk bambu dan menikmati hingga 20 spesies bambu yang berbeda termasuk bambu panah, bambu hitam, dan bambu air.

Panda yang tinggal di penangkaran juga memakan buah dan tampaknya paling menyukai apel. Beberapa juga suka roti jagung kukus.

7. Simbol persahabatan dan perdamaian


Meskipun perburuan memang terjadi, kebanyakan orang Cina memuja beruang panda dan menganggap mereka tidak hanya sebagai simbol keberuntungan tetapi juga persahabatan dan perdamaian. Ketika seseorang bertemu panda, mereka sering memberi makan mereka dan jika mereka ditemukan terluka, otoritas lokal segera diberitahu.

Panda kadang-kadang dibandingkan dengan yin dan yang simbolis karena warna hitam dan putihnya yang khas dan sifatnya yang tenang yang dikatakan menunjukkan keseimbangan, yin yang harmonis. Beruang kesayangan penting dalam sejarah Tiongkok dengan Shangshu menggambarkannya sebagai makhluk yang tak terkalahkan dan 'sekuat harimau'.

Kulit seekor panda pernah dianggap sebagai hadiah yang luar biasa bagi raja dan kaisar, dan selama dinasti Ming, banyak yang percaya bahwa panda memiliki kekuatan medis dan dapat mengusir tumor dan wabah penyakit.

6. Panda tidak mengaum


Meski bentuk dan ukuran panda menyerupai rekan beruang mereka, mereka tidak mengaum seperti beruang biasa. Namun mereka mengembik, membuat suara yang mirip dengan suara kambing, terutama saat kawin. Mereka juga dapat membunyikan klakson, menggeram, atau menggonggong dan anak-anaknya membuat suara parau dan merengek saat mereka lapar atau ingin diperhatikan. Secara keseluruhan, panda membuat sekitar 13 suara berbeda.

Panda tidak memiliki kemampuan untuk mengomunikasikan perasaannya dengan ekspresi wajah. Mereka juga tidak bisa mengibas-ngibaskan ekor pendek gemuknya dan tidak bisa menutup telinga. Sebaliknya, mereka berkomunikasi satu sama lain dengan mengeluarkan zat lengket yang gelap dari kelenjar anal mereka dan menggosokkannya ke bebatuan dan pohon. Perilaku ini membuat panda lain tahu apakah seekor betina sedang berahi atau apakah panda tertentu menandai wilayah mereka. Seekor panda dapat memperoleh banyak informasi dari 'tanda aroma' panda lain termasuk usia, suasana hati saat ini, jenis kelamin, dan status reproduksinya.

Terkadang panda juga menandai aromanya dengan memanjat pohon ke belakang menggunakan kaki belakangnya dan buang air kecil dalam posisi handstand. Ini memungkinkan mereka untuk meninggalkan aroma mereka lebih tinggi di pohon.

5. Ciri fisik


Sementara ciri khas mereka yang paling jelas adalah corak hitam dan putih mereka, bulu panda melakukan lebih dari sekedar membuat mereka terlihat lucu. Wajah, leher, perut, dan pantat panda sebagian besar berwarna putih sehingga memungkinkan hewan tersebut bersembunyi di habitat bersalju. Lengan dan kakinya berwarna hitam untuk membantunya menyamarkan diri di tempat yang teduh. Bulu mereka tebal dan berbulu untuk memastikan perlindungan terhadap cuaca dingin.

Panda dapat tumbuh hingga 150 cm dan berat hingga 150kg. Laki-laki biasanya sekitar 10% lebih besar dan 20% lebih berat daripada perempuan. Untuk mempertahankan pola makan bambu mereka, panda memiliki gigi geraham pipih yang membantu mereka menghancurkan bambu. Mereka juga memiliki tulang pergelangan tangan yang membesar yang berfungsi sebagai ibu jari berlawanan yang membantu mereka memegang rebung.

Terlebih lagi, mata panda berbeda dengan beruang lain dan bukan hanya karena ada bercak hitam di sekelilingnya. Panda memiliki celah vertikal untuk pupilnya, sama seperti kucing rumahan. Tambalan gelap membantu mengurangi silau siang hari.

4. Panda bisa menjadi iritasi dan menyerang


Meskipun banyak waktu dapat dihabiskan untuk menulis tentang sifat panda yang jinak dan menggemaskan, fakta yang terdokumentasi dengan baik bahwa mereka dapat dengan cepat menjadi jengkel dan melancarkan serangan terhadap manusia yang mengganggu mereka.

Gu Gu, panda kebun binatang Beijing telah menggigit dua orang ketika Zhang Jiao jatuh ke kandangnya setelah mencoba menangkap mainan yang diluncurkan putranya ke dalamnya. Zhang dan putranya telah bermain dengan boneka panda, melemparkannya bolak-balik, ketika putranya melempar mainan itu sedikit terlalu keras. Saat Zhang menerjang mainan itu, dia dan mainan itu terbang ke kandang Gu Gu.

Gu Gu menggigit kaki kiri Zhang, mengunyahnya, lalu melanjutkan ke kaki kanan. Panda mengunci rahangnya di sekitar kaki Zhang dan penjaga kebun binatang harus menggunakan berbagai alat untuk membuka rahang beruang. Zhang kemudian mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia tidak mencoba melawan karena panda adalah harta nasional dan dia mencintai serta menghormatinya.

Pada 2017, Gu Gu menyerang seorang bocah lelaki berusia 15 tahun yang naik ke kandang untuk 'melihat lebih dekat'. Gu Gu juga menggigit turis mabuk yang mencoba memeluknya. Anehnya, turis itu mundur.

3. Angka kelahiran rendah


Setiap kali panda melahirkan, terutama anak kembar, penjaga kebun binatang sangat senang. Pembiakan panda sangat sulit sehingga menjadi peristiwa global yang besar setiap kali bayi panda lahir. Pada 2015, seekor panda raksasa bernama Mei Xiang melahirkan dua anaknya di Kebun Binatang Nasional Smithsonian. Kemeriahan sangat terasa dan hampir 900.000 orang menonton 'Panda Cam' selama dan setelah acara.

Panda betina hanya berovulasi setahun sekali, memberi panda jantan jendela kecil 40 jam untuk membuahi betina. Jika panda jantan gagal melakukannya, penjaga kebun binatang harus memantau panda betina selama setahun penuh sebelum ada kesempatan lain. Kadang-kadang pejantan tidak tahu apa-apa tentang cara menaiki betina, yang juga berarti kehilangan kesempatan. Karena alasan ini, banyak penjaga kebun binatang memilih untuk membuahi panda betina secara artifisial. Namun, dalam banyak kasus, tidak mungkin bagi penjaga kebun binatang untuk mengetahui apakah seorang wanita hamil sampai sebelum dia melahirkan bayinya. Beberapa panda betina menghasilkan 'hormon kehamilan', membangun sarang dan lebih sering tidur bahkan saat mereka tidak hamil. Juga sangat sulit bagi para ahli untuk menemukan janin melalui USG karena ukurannya yang sangat kecil. Faktanya sangat kecil, sehingga terkadang feses betina disalahartikan sebagai bayi.

2. Penemuan panda raksasa


Baru-baru ini 150 tahun yang lalu, hanya sedikit orang yang melihat atau bahkan mengetahui bahwa panda raksasa itu ada. Orang Barat pertama yang mengetahui keberadaan panda adalah seorang misionaris Prancis bernama Armand David, yang menerima kulit panda dari seorang pemburu di Sichuan pada 11 Maret 1869. David diyakini telah melihat panda hidup pada 1 April 1869, membuatnya menjadi orang Barat pertama yang menemukannya. Dia berusaha mengirim hewan itu ke Paris, tetapi sayangnya panda itu mati dalam perjalanan. David melanjutkan untuk mengirim spesimen ke museum Paris di mana ahli zoologi memeriksanya. Ahli zoologi, Alphonse Milne-Edwards, menerbitkan sebuah makalah pada tahun 1870, menyatakan panda sebagai spesies baru bernama "Ailuropoda melanoleuca."

Orang Barat pertama yang 'memiliki' seekor panda hidup adalah ahli zoologi Jerman, Hugo Weigold, yang membeli anak panda pada tahun 1916. Kermit dan Theodore Roosevelt Jr. dikenal sebagai orang Barat pertama yang menembak seekor panda, yang mereka lakukan pada tahun 1920-an.

1. Masa depan panda raksasa


Sebagai harta nasional di China, panda raksasa liar telah pulih dalam beberapa tahun terakhir dan status 'terancam punah' diperbarui menjadi 'rentan' setelah pertumbuhan populasi sebesar 17% dalam dekade terakhir. World Wide Fund (sebelumnya World Wildlife Fund) melindungi panda liar dengan mengamankan habitatnya dan melindunginya dari perkembangan manusia dan perambahan. Pekerjaan WWF-China dan mitranya termasuk pelestarian koridor panda di seluruh China, termasuk 34 juta hektar, dua cekungan sungai besar dan tiga provinsi.

WWF telah bekerja sama dengan pemerintah sejak tahun 1981 untuk melaksanakan inisiatif untuk mengembalikan panda dari ambang kepunahan. Suaka panda melindungi dua pertiga dari panda liar serta hutan bambu yang terletak di daerah pegunungan. Selain melindungi panda, tindakan ini juga memastikan perlindungan bagi sejumlah besar spesies lain.

KOMENTAR DI NONAKTIFKAN. JIKA INGIN BERTANYA, SILAHKAN KE FACEBOOK DISINI