10 Fakta Dan Prestasi Aneh Yang Melibatkan Gurita


Ini adalah salah satu hewan paling dikenal dan menarik di Bumi. Mereka melakukan pelarian spektakuler dan menjadi kesayangan media sosial. Seperti orang terkenal, beberapa orang bahkan memiliki film dan teori konspirasi sendiri.

Mereka datang dengan misteri juga. Dari terdampar massal yang aneh hingga mimpi yang terungkap pada kulit gurita, masih banyak yang tidak dapat dijelaskan oleh para ilmuwan tentang cephalopoda ini.

10. Mereka Mengalami Kebutaan Oksigen

Pada siang hari, beberapa spesies Pasifik bersembunyi di kedalaman dari predator dan Matahari. Pada malam hari, mereka melakukan perjalanan ke permukaan untuk mencari makan. Pada 2019, para peneliti memilih larva makhluk tersebut, termasuk gurita, dan cumi-cumi. Mereka ingin menguji bagaimana tingkat oksigen memengaruhi penglihatan mereka.

Oksigen dibutuhkan untuk mengubah cahaya menjadi penglihatan. Semakin dalam seekor gurita pergi, semakin banyak kondisinya yang kekurangan. Tes menegaskan bahwa oksigen lebih penting untuk penglihatan cephalopoda daripada yang disadari siapa pun.

Para peneliti memantau makhluk di dalam tangki dengan menggunakan elektroda kecil yang dipasang di mata mereka dan cahaya terang sebagai isyarat visual. Selama 30 menit, oksigen berkurang dari 100 persen saturasi udara (level permukaan air) menjadi 20 persen (lebih rendah dari kedalaman habitat makhluk itu).

Hasilnya mengkhawatirkan. Semua cephalopoda dan krustasea menderita kehilangan penglihatan yang parah, dengan beberapa menjadi buta total. Satu jam setelah tingkat oksigen yang lebih tinggi diperkenalkan, semua hewan mendapatkan kembali 60–100 persen penglihatan mereka. Penemuan ini meresahkan karena perubahan iklim menipiskan oksigen lautan. Ini memprediksi masa depan yang buta dan rentan untuk spesies tersebut.

9. Pertarungan Pertanian

Semakin banyak orang menyukai gurita di piring mereka. Menangkap cephalopoda di alam liar tetap menjadi upaya yang tidak dapat diprediksi, dan para nelayan berjuang untuk memenuhi permintaan global. Karena itulah, perusahaan makanan laut ingin gurita.

Ilmuwan dan psikolog bersikeras bahwa budidaya gurita adalah ide yang sangat buruk. Umat ​​manusia telah berkembang pesat berkat ternak, tetapi ini adalah salah satu yang akan menyebabkan lebih banyak masalah daripada nilainya. Bayi hanya makan makanan hidup, dan orang dewasa membutuhkan banyak daging. Ini akan menambah terlalu banyak tekanan pada perikanan yang sudah kesulitan untuk menyediakan makanan.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa memberi makan gurita tawanan untuk konsumsi manusia ironisnya akan memengaruhi ketahanan pangan kita juga. Peternakan seperti itu akan menyebabkan polusi dan kemungkinan besar perkawinan sedarah, menjadi vektor penyakit, dan membuat trauma makhluk yang cukup cerdas untuk mengenali individu dan memecahkan masalah yang kompleks.

8. Pembunuhan Pria

Gurita dikenal karena banyak keterampilan luar biasa, baik fisik maupun kognitif. Tapi mereka memiliki sisi gelap. Laki-laki romantis berisiko dimakan oleh objek yang mereka sukai.

Bergantung pada spesiesnya, pejantan telah berevolusi untuk memberi mereka kesempatan bertarung melawan betina yang seringkali lebih besar. Untuk kawin, pejantan harus mengeluarkan sperma melalui lengan kawin khusus (salah satu dari delapan lengannya).

Spesies yang kurang agresif telah mengembangkan lengan yang lebih pendek, dan mereka menggenggam betina dengan semua lengan mereka sebelum kawin. Spesies yang lebih agresif memiliki tentakel yang lebih panjang dan berkembang biak dengan jarak satu lengan.

Gurita alga harus berurusan dengan betina yang agresif dan jantan yang lebih besar yang menjaga mereka. Laki-laki yang lebih kecil memiliki strategi yang brilian. Mereka berpura-pura menjadi perempuan, menyembunyikan lengan kawin mereka yang sangat panjang sambil berpelukan dengan perempuan asli.

Spesies lain melakukannya secara ekstrim. Argonaut dan gurita selimut dengan cepat mengamputasi lengan kawin mereka di dalam betina dan kemudian lari untuk hidup mereka.

7. Mereka Berjalan Di Darat

Bukan hal yang aneh jika gurita menjelajah di darat. Memang, mereka telah difilmkan bergerak di antara kolam yang terkurung daratan. Namun, seperti gurita, landai tanah mereka jarang terlihat.

Pada tahun 2017, terjadi peristiwa yang tampaknya tidak wajar. pengamat di Wales kembali ke pantai di Ceredigion sekitar pukul 22.00. Mereka bertemu dengan lebih dari 20 gurita yang berjalan-jalan di pasir.

Ada sesuatu yang aneh tentang semuanya. Kadang-kadang mereka menyelinap di antara kolam renang adalah satu hal, tetapi bagi sekelompok besar orang untuk muncul di pantai hanyalah perilaku yang berbahaya. Gurita dapat bertahan hidup di darat tetapi hanya untuk beberapa menit.

Ceredigion cephalopoda tidak pergi ke kolam atau kembali ke laut. Memang, keesokan harinya, beberapa dari mereka ditemukan tewas. Sebagian besar telah diselamatkan pada malam sebelumnya ketika mereka ditemukan. Mengapa terdampar ini terjadi masih belum diketahui, tetapi skenario yang paling mungkin termasuk penyakit atau sesuatu yang membuat mereka bingung, seperti badai.

6. Gurita Paling Menggemaskan di Dunia

Pada 2018, para peneliti dari Taman Sejarah Nasional Kaloko-Honokoohau Hawaii memutuskan untuk memantau terumbu karang di dekatnya. Ketika mereka melihat sepotong mengambang, mereka mengambil sampah hanya untuk menemukan bahwa ada penumpang. Sepasang bayi gurita entah bagaimana berhasil sampai ke plastik, dan mereka sangat kecil.

Salah satunya menggemaskan. Itu seukuran kacang polong dan berpose untuk foto di dekat salah satu ujung jari peneliti. Setelah foto-fotonya dibagikan, lengan bayi yang berbintik-bintik dan mata besar itu segera mendapatkan banyak penggemar secara online.

Yang kedua juga kecil. Tapi itu mungkin tidak membuat adegan pergaulan karena kebalikan dari menggemaskan. Ketika ilmuwan taman menemukannya, bayi yang sangat kecil itu mencekik bayi kepiting yang sama kecilnya sampai mati. Cephalopoda yang lucu dan kejam dilepaskan di area yang digambarkan oleh para pejabat sebagai "ruang kecil terlindung".

5. Insiden Kayak

Pada tahun 2018, dua orang teman memutuskan untuk melakukan perjalanan kayak di lepas pantai. Seorang pria memfilmkan yang lain, yang ternyata bagus. Di saat yang aneh, segel muncul di samping teman di video dan melemparkan gurita yang cukup besar ke arahnya. Dengan akurasi yang luar biasa, cephalopoda itu menghantam wajahnya secara langsung.

Mengapa pria babak belur gurita itu tampaknya menikmati pengalaman itu mungkin akan tetap ada selamanya. (Dia berteriak penuh kemenangan.) Tapi alasan perilaku anjing laut itu bisa sesederhana melembutkan makanan yang keras.

Gurita adalah mangsa yang tangguh dalam arti mereka melawan dan pengisapnya masih menempel di permukaan apa pun setelah kematian. Bukan hal yang baik jika pengisap itu harus masuk ke tenggorokan anjing laut.

Akan tetapi, menggaruk gurita yang mati akan merusak pengisap hingga kehilangan cengkeramannya. Ini biasanya terjadi dalam bentuk membenturkan mangsanya ke batu atau melemparkannya ke udara. Segel itu mungkin menganggap manusia yang mengapung itu sama bagusnya dengan permukaan yang lembut seperti yang lainnya.

4. Film Paul

Selama Piala Dunia 2010, Paul si gurita menjadi terkenal karena memprediksi pemenang setiap pertandingan. Ketika dia meninggal pada bulan Oktober tahun itu, seorang pembuat film menuduh penjaga Paul a. Bukan karena Paul masih hidup, tetapi cephalopoda psikis itu sebenarnya telah mati tiga bulan sebelumnya tepat sebelum pertandingan terakhir.

Rupanya, akuarium menggantikannya dengan nada dering mati untuk menipu semua orang. Pembuat film, Jiang Xiao, adalah sutradara Who Killed Paul the Octopus? Mungkin bukan judul yang dilihat oleh Pusat Kehidupan Laut Oberhausen (rumah Paul) ketika mereka setuju untuk bekerja dengan Jiang.

Sebagai orang yang percaya bahwa semua gurita terlihat identik, Jiang mengatakan menurutnya staf akuarium menjadi "gugup" dan "takut" karena film tersebut menyelidiki kisah nyata di balik gurita ajaib. Penilaian ini membingungkan akuarium seperti halnya klaim bahwa Paul telah meninggal beberapa bulan sebelumnya.

Jiang menolak menjelaskan mengapa dia yakin makhluk itu "dibunuh". Pusat Kehidupan Laut Oberhausen mengatakan bahwa tidak ada penipu licik. Paul meninggal karena usia tua sekitar 2,5 tahun, hal yang normal untuk gurita. Kemudian dia dikremasi. Pengunjung dapat melihat guci dan klip videonya serta menulis di buku belasungkawa.

3. Laporan Luar Angkasa

Pada 2018, sebuah penelitian dirilis dengan penelitian puluhan tahun di belakangnya. Disusun oleh 33 penulis, pekerjaan itu ditinjau sejawat, dikutip dengan baik, dan diterbitkan oleh Progress in Biophysics and Molecular .

Masalah?

Dikatakan bahwa gurita berasal. Para penulis tidak menyarankan bahwa cephalopoda telah tiba di pesawat luar angkasa, tetapi para peneliti mendekat.

Mereka berusaha keras untuk mendukung kemungkinan bahwa cumi-cumi dan gurita telah bertelur di suatu tempat di luar angkasa. Entah bagaimana, telur-telur itu berakhir di komet, di mana kondisi sedingin es membuatnya menjadi kriopreservasi.

Teori kemudian mengatakan bahwa komet menabrak Bumi ratusan juta tahun yang lalu. Telur-telur itu selamat dan entah bagaimana menetas. Presto! Planet ini memiliki cephalopoda yang cerdas.

Meskipun para sarjana menjadi lebih terbuka terhadap gagasan bahwa beberapa kehidupan Bumi, elemen, dan bahan kimia diunggulkan oleh benda-benda luar angkasa, itu akan membutuhkan lebih banyak penelitian dan bukti yang tak terbantahkan sebelum laporan ini dapat diselamatkan dari pinggiran gila.

2. Rencana Pelarian yang Sempurna

Ketika seorang nelayan Selandia Baru mengangkat perangkap udang karang, dia menemukan bahwa itu berisi gurita. Makhluk bekas luka itu seukuran bola rugby dan memiliki anggota tubuh yang pendek. Ketika nelayan membawa hewan tersebut ke akuarium nasional, staf dapat melihat bahwa gurita telah berkelahi dengan, mungkin di terumbu tempat tinggalnya.

Mereka memanggilnya Inky dan memberinya sebuah tank. Kepribadian karismatik Inky segera membuatnya menjadi hit di publik. Dia dikenal karena kemampuannya yang luar biasa, tetapi tidak sampai bertahun-tahun kemudian menjadi jelas betapa pintarnya pria itu.

Pada 2016, bagian atas akuarium Inky secara tidak sengaja dibiarkan terbuka. Malam itu, ketika gedung itu kosong, cephalopoda merayap melalui lubang kecil. Dia meluncur ke samping dan ke lantai.

Setelah bergelombang di area yang membentang hingga 4 meter (13 kaki), gurita mencapai pipa pembuangan. Tabung sepanjang 50 meter (164 kaki) membawa Inky langsung kembali ke laut. Meskipun tidak ada yang melihat itu terjadi, ini adalah skenario yang paling mungkin. Keamanan terlalu ketat bagi siapa pun untuk mencurinya. Gurita adalah seniman pelarian terkenal dan, tanpa tulang, dapat masuk melalui ruang yang sangat sempit.

1. Impian Kulit

Terkadang, gurita melakukan hal-hal yang sangat aneh. Pada 2017, ada sesuatu yang tertangkap kamera yang bisa mengalahkan yang terbaik dari mereka. Di Colorado, Paviliun Kupu-kupu adalah kebun binatang untuk invertebrata. Salah satu penduduknya adalah gurita dua tempat Karibia. Mirip dengan gurita lain, ia mampu bergeser.

Menyalurkan bunglon batin mereka, keajaiban berlengan delapan ini menjadi tidak terlihat untuk mendapatkan keuntungan dan memangsa dan untuk berkomunikasi satu sama lain. Pada bulan Oktober, seorang pekerja kebun binatang memfilmkan perubahan warna dua tempat secara dramatis.

Awalnya, warnanya putih. Kemudian pola gelap mulai berdenyut selaras dengan pernapasan hewan. Akhirnya, semburat warna hampir hitam membanjiri kulitnya sebelum memudar menjadi putih lagi.

Yang membuatnya sangat menarik adalah hewan itu tertidur. Saat gurita menerapkan perubahan cepat untuk mengatasi perubahan mendadak di lingkungan mereka, ada kemungkinan bahwa dua tempat itu mengalami mimpi buruk.

Para ilmuwan dengan serius mempelajari bagaimana cephalopoda tidur dan apakah mereka bermimpi. Jika ya, prosesnya mungkin benar-benar baru karena mereka tidak memiliki otak seperti manusia. Sebaliknya, mereka memiliki kelompok neuron di anggota badan mereka. [reo.my.id/listverse]

Mau masang iklan atau backlink? chat aja.
KOMENTAR DI NONAKTIFKAN. KARENA BANYAK SPAMMER.